Don't miss

Kandungan Gizi Buah Nanas

By on April 2, 2013

Kandungan gizi buah nanasBuah tropis ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Berasal dari nama nanas ini merupakan nama yang berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”. Dari arti hal tersebut kita sudah dapat menyimpulkan bahwa buah ini mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Dari buah tersebut hampir 90% mengandung air di dalamnya. Dengan kekayaannya seperti Kalium, Kalsium, lodium, Sulfur, Khlor, Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta Enzim Bromelin. Dengan kandungannya yang begitu banyak ternyata dapat membantu untuk mengobati penyakit.

- Membantu pencernaan/mengobati luka
Buah nanas kaya akan enzim bromelain yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan membantu pencernaan. Enzim bromelain mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah diserap tubuh. Bromelain membantu penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan/peradangan di dalam tubuh.

- Memperkuat system imun
Nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi. Zat valine dan leucine yang terdapat di dalam nanas juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita. Zat amino non esensial, proline, penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung. Selain itu, nanas mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.

- Menurunkan berat badan
Buah nanas ternyata dapat melangsingkan tubuh dan cukup baik digunakan untuk program diet. Caranya adalah sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci bersih. Potong seperlunya lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum perasan air ini tanpa campuran apapun, lakukan dua kali sehari.

Masih ada lagi manfaat lain yang terkandung dalam buah nanas tersebut. Akan tetapi dari manfaat nya yang cukup banyak ternyata juga ada efek samping dari buah ini. Pertama, nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Kedua, dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik dan radang sendi. Dan yang ketiga, buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply