Don't miss

Kandungan Gizi Bawang Putih

By on Maret 13, 2013

kandungan Gizi Bawang PutihAnda tentu pernah mendengar dongeng klasik Bawang Merah Bawang Putih? Si Bawang Putih diceritakan sebagai anak yang baik hati dan pada akhirnya sifat baik hati itu juga yang membawa si Bawang Putih hidup bahagia dengan sang pujaan hatinya.

Kebaikhatiaan si bawang putih ini pun tak sekedar isapan jempol belaka. Tapi bawang putih di sini bukan si Bawang Putih dalam cerita tersebut, tetapi bawang putih bumbu masakan yang biasa kita temui di dapur.

Yup, Bawang Putih bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda. Pemanfaatan bawang putih untuk kesehatan memang sudah diketahui sejak lama, bawang putih bisa dimanfaat sebagai obat tradisional.

Bawang putih telah digunakan sebagai obat dalam herbal medicine sejak ribuan tahun yang lalu. Pada tahun 2700 – 1900 sebelum Masehi bawang putih telah digunakan oleh pekerja-pekerja bangunan piramid sebagai obat penangkal penyakit dan rasa letih. Dan sekitar tahun 460 SM khasiatnya telah dipuji oleh Hipokrates. Saat perang dunia tahun 1914-1918 bawang putih digunakan oleh tentara Perancis untuk mengobati luka.

*Sifat Baik Hati Si Bawang Putih *
Bumbu berwarna putih ini mengandung zat gizi dan finonutrien yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan berbagai khasiat dan manfaat antara lain menurunkan kadar kolesterol darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktifitas fibrinolitik, menghambat atherogenesis dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner, hebat ya?

Beberapa penelitian juga menunjukkan peranan bawang putih sebagai antioksidan maupun efek anti kanker. Bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi terjadinya pembekuan darah di dalam pembuluh nadi jantung yang menyempit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dini, memperbaiki gangguan tekanan darah tinggi, mencegah rematik dan mengurangi rasa sakit pada tulang.

Ekstrak bawang putih mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan oksidasi dari serum lemak. Hasil riset menunjukkan, kadar kolesterol LDL dapat diturunkan tanpa mengganggu kadar kolesterol HDL dengan ekstrak bawang putih. Ekstrak bawang putih juga terbukti bermanfaat untuk memelihara aliran darah tetap lancar.

*Sisi Negatif Bawang Putih? *
Manfaat-manfaat yang terkandung dalam bawang putih tersebut juga dibarengi dengan selentingan bahwa Bawang Putih juga berdampak negatif. Kabarnya bawang putih juga menurunkan kadar kolesterol.

Memang telah banyak penelitian yang menyebutkan manfaat bawang putih terhadap kadar kolesterol, namun studi perbandingan yang dilakukan para peneliti terhadap bawang putih atau suplemen bawang putih ternyata tidak ditemukan dampaknya untuk kolesterol. Dampak negatif dari mengkonsumsi bawang putih juga tidak ditemukan meski dengan mengkonsumsi bawang putih asli maka Anda akan beresiko mengalami bau badan dan bau mulut.

Dikutip dari http://kampungtki.com/

You must be logged in to post a comment Login