Don't miss

Bisnis STMJ Beromzet Puluhan Juta

By on Juni 16, 2013

Bisnis STMJ beromzet Puluhan Juta 1Cermat melihat peluang dan mempelajari pasar mungkin satu kelebihan yang dimiliki Saiful Ahmadi,
46 tahun, pemilik STMJ Ijen SOB. Diawali sejak 2005 lalu, warung lesehan itu tidak pernah sepi pembeli. Jumlah tempat duduk sebanyak 600 seats ditambah sejumlah tikar untuk ngleseh selalu penuh.Dibekali modal Rp 20 Juta, Saiful benar-benar serius mengelola usaha aneka minuman hangat menyehatkan itu dari mobil VW yang disulap jadi warung.

Awalnya Saiful tidak terpikir untuk menggunakan media mobil sebagai ganti gerobak atau dapur sebagai piranti inti dalam usaha kulinernya. Sebelum memilih VW untuk jadi base camp-nya, ia mengaku sempat tergiur membeli ruko di sekitar lapangan Rampal. Namun akhirnya niat itu urung karena harga ruko itu mahal. ”Masak sudah Rp 800 Juta per unit. Modal dari mana untuk menyicilnya, Saiful pada Malang Post disela kesibukannya mengawasi pekerjanya di STMJ Ijen. Harga ruko yang mahal tidak membuat Saiful mundur.

Karena belum terpikiBisnis STMJ beromzet Puluhan Jutar lokasi yang tepat, Saiful lantas terpikir untuk menggunakan mobil sebagai piranti utama. Sebab dengan mobil, dirinya akan dapat berpindah tempat untuk menemukan lokasi yang dinilai strategis.Ide mobil sebagai gerobak juga dilandasi karena kegemarannya dengan dunia otomotif. Karyawan di pabrik gula Krebet ini memang senang dengan mobil VW. Demi memulai bisnis jualan minuman ini, saya memodifikasi VW Combi Barazil 83 selama hampir satu tahun,” sebut pria yang berdomisili di wilayah Kacuk ini. Perkiraan awalnya tidak salah. Dengan mobil tersebut ia sempat beberapa kali berpindah tempat mangkal. Lalu sejak 2005 lalu Saiful memutuskan menetapkan bisnisnya di samping SOB Jalan Ijen, Malang.

Diluar mobil, Saiful pun mempersiapkan segala keperluan warungnya. Dari inventaris dapur dan kursi serta izin membuka usaha atau SIUP. Semuanya waktu itu sekitar Rp 20 Juta habisnya, ingat Saiful.
Dengan menu spesial STMJ Helbeh, warungnya kini berkembang dan mampu meraih omzet keuntungan bersih minimal Rp 30 Juta per bulan.Kini Saiful mempekerjakan 16 orang yang tidak hanya mengurusi warung VW-nya, namun ada tiga gerobak tambahan yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.

Dari STMJ Helbeh dijual dengan harga Rp 25 Ribu pergelas atau teh telor Padang Rp 5000 pergelas. Berbagai makanan juga dapat dipilih untuk mengenyangkan perut. Dari tahu petis per porsi Rp 5000 hingga masakan Cina yang dijual seharag Rp 35 Ribu per porsi. Selain itu, STMJ Helbeh juga menyediakan Shisa seharga Rp 25 Ribu yang dapat dihisap dengan berbagai rasa.

You must be logged in to post a comment Login